Blog

Blog contohpajak.com

Oleh

Aplikasi Bukti Potong 1721 A1/A2+1770 S/SS Excel PTKP 2019 (Perlukah?)

 4,030 total views,  34 views today

Saya kadang masih ragu ketika akan berbagi file ini, seperti yang sudah sering saya tampilkan di blog amsyong.com, biasanya awal tahun saya share aplikasi excel yang memudahkan bagi bendahara atau bagian keuangan/HRD dalam membuat bukti potong 1721-A1/A2 bagi para pegawai/karyawannya.

Apa sebabnya?

Ya karena saat ini bagi sebagian WP sudah terbiasa dengan model pelaporan SPT dengan cara online, walaupun tidak semua ya. Toh natanya ketika saya masih kerja di Papua, sebagian WP masih menyukai pelpaoran model manual/formulir yang secara perlahan harus diedukasi/diarahkan ke bentuk CSV hasil output aplikasi e-SPT 1770/S/SS ketika saya pindah kerja di Malang/Batu nyatanya juga tidak jauh berbeda walaupun serapan teknologi khusunya efiling masih lebih baik daripada di Papua. Nggak usah heran ya, karena itulah dana besar masih digelontorkan terus menerus khusunya bagi saudara kita yang berada di luar Jawa untuk membangun infrastruktur dan SDM yang ada. Halah apa ini ngobrolnya..

Langsung saja..

Aplikasi excel ini fungsi pokoknya adalah untuk membantu membuat bukti potong, dengan cara mengisi di sheet yang dsediakan nantinya secara otomatis isian identitas dan penghasilan serta beban akan dipindahkan di bukti potong 1721-A1/A2 dan nge-link alias ngisi otomatis di formulir 1770 S/SS dan masih adalagi lho yaitu ngisi juga di CSV A1 yang bisa digunakan di aplikasi e-SPT PPh 21. Lumayan paket hemat-lah. Misal ada pengunjung yang ingin menambahkan macro excel untuk fungsi cetak otomatis boleh juga dishare disini.

Oia, aplikasi excel simpel ini dibuat oleh kang Faris Yustian, SE, AR dari KPP Pratama Indramayu. Joss tenan mas Faris! Saya mah cuma nyebar hoax aplikasi yang sekiranya bermanfaat aja. Amiinn..

Perlu diingat, file ini adalah alat bantu, sebisa mungkin nanti secara bertahap WP dapat melaporkan secara elektronik melalaui DJP Online, ASP resmi DJP atau dengan antar file CSV-nya di KPP karena ini yang diharapkan, kemudahan dan kepraktisan. Jadi jika sudah selesai ngisinya si pengguna dapat memindahkan angkanya dari file ini ke efiling/e-form dengan cepat karena memang mirip hanya beda media saja.

Yuk download aja dan ada video panduan di bawah. 😀

Download Aplikasi 1721-A1 Via Google Drive. KLIK DISINI

Download Aplikasi 1721-A2 Via Google Drive. KLIK DISINI

jangan lupa subscribe

2 Comments

  • Dedy
    - January 8, 2020 - 1:34 pm

    Saya sudah donload aplikasinya, tp utk yg bagian jenis kelamin tidak bisa d ganti dan utuk yang berjenis kelamin perempuan PTKP nya tidak berubah tolong penjelasannya dan caranya bagaimana

    • Dwi Utomo
      - January 8, 2020 - 1:34 pm

      yang 1721-A2 ya yg PTKP perempuan salah. Sudah saya upload revisinya pak, baik di link standar atau via GDrive.
      kalau Pak Dedy Mau bisa betulkan juga/ngecek, di sheet “PTKP” di-unhide dulu terus dibetulkan tabel PTKP perempuan-nya.
      terima kasih infonya pak Dedy

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy link
Powered by Social Snap