Blog

Blog contohpajak.com

Oleh

Blogger + Adsense! Gimana Ngitung Pajaknya?

 206 total views,  1 views today

Sekarang dengan akses internet yang semakin mudah dan murah, banyak orang mulai terjun menjadi youtuber atau video caster atau apalah namanya. Tak terkecuali ya saya juga yang masih amatiran hehe..

Subscribe channel saya disini ya bapak ibu… (iklan)

Salah satu kegiatan online yang juga menghasilkan tambahan penghasilan dalam bentuk dollar (walaupun sedikit-sedikit) adalah dengan manjadi blogger, atau pembuat konten online yang medianya bisa tulisan, gambar audio ataupun video seperti yg Anda baca sekarang.

Secara garis besar iklan yang bisa ditampilkan di blog/website adalah:

  • Adsense
  • Paid promote article
  • Iklan pihak lain
  • dll

Untuk yang saya pajang di blog amsyong.com dan contohpajak.com biasanya saya utamakan dari adsense dari google karena aman dan kerjasama dengan pihak lain yang minta dibuatkan artikel promosi terselubung (paid promote article)

pada nggak ngerasa ya kalau ada paid promote article hehe.. mohon maaf semata-mata buat biaya maintenis aja agan-aganwati. Kali ini akan saya jabarkan cara hitung pajak untuk yang pakai adsense. kalau paid article lebih mudah karena biasanya sudah ada kontrak kesepakatan tarif/harga antara klien dengan pemilik website.

Cara Tambahkan Adsense di Blog

  1. Buat blog/website
  2. Isi dengan konten yang menarik dan diisi secara rutin/berkala
  3. Ajukan permohonan adsense ke Google
  4. Kalau di approve sama google, tinggal tambahkan kode iklan dan muncul deh
  5. Terus diisi konten bermanfaat lainnya di blognya biar pengunjung nyaman dan betah
  • Save

Cara Hitung Penghasilan dari Adsense Google

Biasanya Google akan membayar berupa cek yang bisa dicairkan dengan jasa penarikan uang, seperti Western Union dengan minimum penarikan adalah 100 $.

Nah untuk melihat berapa yang diterima setiap bulan tinggal buka menu adsense kemudian pilih rentang waktu, misal mau lapor untuk tahun pajak 2018 tinggal set 01/01/2018-31/12/2018 nanti akan muncul tampilan mirip mutasi dana di rekening koran bank

Tinggal jumlahkan saja saldo awal dengan income yang masuk, kurang lebih itulah penghasilan neto-nya. Jangan lupa, rubah dollar ke rupiah dengan menggunakan kurs pajak/kurs KMK.

  • Save

Hitungnya dengan PPh 25 atau PP 23?

Gunakan PPh 25 yaitu penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja dan pekerjaan bebas, karena blogger atau youtuber membuat konten terlebih dahulu, ketika ramai maka Google bersedia menaruh iklan disana dan atas views dan klik yang banyak itulah Google memberi kreator bagian atas biaya iklan yang dibayarkan ke Google dari pemasang iklan.

Untuk seputar kreator konten online bisa baca di blog lama amsyong

Rumusnya?

(Penghasilan Neto Fiskal – PTKP) x Tarif Pasal 17

Selebihnya sama aja ya, jika Anda pegawai swasta/PNS maka tambahkan dulu penghasilan neto pada induk SPT ditambahkan dengan penghasilan neto dari 1 pemberi kerja. Jika murni freelancer bisa lngsung kurangkan dengan PTKP dan hitung PPh-nya dan angsuran PPh 25 untuk dasar angsuran masa pajaknya.

  • Save

Beri Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copy link
Powered by Social Snap